4 Kita Sukses Hadapi Ujian Nasional (UN) 2013


Ujian Nasional (UN) sudah semakin dekat, tanggal 6-8 Mei mendatang siswa tingkat sekolah dasar akan melaksanakan UN. Semua yang terlibat berusaha untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional yang mengujikan tiga mata pelajaran itu, mulai dari guru, orang tua bahkan siswa sendiri.

Berbagai kiat dan strategi dilakukan untuk menyiapkan diri agar dapat mengerjakan berbagai soal yang diujikan dengan benar sehingga dapat lulus dan memperoleh nilai maksimal. Tanpa kiat persiapan yang tepat, hasilnya tentu tidak akan optimal pada saat ujian.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para guru, orang tua dan siswa saat tengah mempersiapkan diri. Terkadang anak-anak belajar dengan 'mati-matian' semua materi yang ada tanpa strategi yang benar sehingga justru bisa membuat tidak fokus pada pelaksanaannya.

Inilah 4 strategi sukses hadapi UN 2013 yang diungkapkan oleh Pemerhati Pendidikan, Saufi Sauniwati, seperti dikutip dari Kompas.com (27/3/2013):

1. Jangan hanya menghafal
Kiat pertama mempersiapkan diri menghadapi ujian adalah penguasaan bahan yang akan diujikan. Yang dimaksud pada penguasaan bahan ini bukan hanya menghafal semua materi yang ada. Namun, agar lebih mudah, biasakan diri berlatih soal untuk mengaplikasikan rumus yang ada dengan tepat.

2. Rajin mengevaluasi diri
Kiat kedua untuk sukses UN adalah rajin melakukan evaluasi diri. Ini berkaitan dengan latihan soal yang dilakukan oleh siswa. Latihan saja tidak cukup apabila tidak dievaluasi dengan baik. Evaluasi ini tidak hanya sekadar menilai benar dan salah, tetapi juga harus dievaluasi durasi pengerjaan soalnya.

3 Istirahat dan jaga kesehatan
Kiat ketiga menghadapi ujian adalah membagi waktu antara belajar dan melepaskan penat (istirahat). Saat menjelang UN, anak-anak biasanya belajar tiada henti dan ikut berbagai macam try out. Hal ini akan bermasalah jika tidak ada jeda untuk meregangkan pikiran dan dapat berakibat anak mengalami stress.

3. Berdoa
Kiat terakhir tentu saja berdoa agar diberi kelancaran. Tidak heran jika banyak sekolah yang kemudian menggelar doa bersama saat menjelang UN. Dengan berdoa ini, siswa dan guru dapat memperoleh ketenangan tersendiri sebelum dan saat UN.

Sumber: http://www.sekolahdasar.net/2013/04/inilah-4-kiat-sukses-hadapi-ujian.html#ixzz2PvDpsuaJ
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :
resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut