Aktifasi akun
sekolah dilayanan informasi terpadu Padamu Negeri dilaksanakan oleh Operator
Sekolah. Aktifasi akun sekolah ini untuk proses pemutakhiran data NUPTK tahun
2013. Pemuktahiran data atau disebut juga verifikasi validasi (verval) dilaksanakan
secara online memalui layanan Padamu Negeri.
Bagi operator
sekolah, akun sekolah yang telah diaktifkan ini nantinya digunakan untuk
pengisian dan update data PTK berbasis NUPTK, untuk mengecek dan mencari data
NUPTK berdasarkan formulir PTK, dan mencetak lembar tanda bukti verval. Sebelum
mengaktifkan akun sekolaha yang harus dipersiapkan adalah Surat Aktifasi Akun
Sekolah yang berisi Use ID (SIAP ID) dan kode aktifasi.
Surat Aktifasi
Akun Login Padamu Negeri setiap sekolah dapat diperoleh di Dinas Pendidikan
Kabupaten/Kota masing – masing. Saat ini proses distribusi Surat Aktivasi Akun
Login ke setiap Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan ke seluruh sekolah masih
berlangsung. Diperkirakan selama bulan Juni 2013 ini akan terus diedarkan
sesuai kondisi wilayah masing – masing.
Cara Akrivasi
Akun Sekolah di Layanan Padamu Negeri :
1.
Kunjungi website http://padamu.siap.web.id
2.
Pilih login lalu Aktivasi
Akun Sekolah
3.
Anda akan diarahkan ke
halaman aktivasi.siap.web.id/padamu
4.
Masukan User ID (SIAP ID)
dan Kode Aktivasi yang sudah didapat
5.
Setelah login, jika
berhasil akan tampil pengaturan akun, seperti :
![]() |
Menu password (Atur User Name, Kata Sandi dan Email) |
![]() |
Menu Admin Sekolah, Isikan data pengelola (operator) sekolah |
![]() |
Menu data sekolah (NPSN, Alamat sekolah dll) |
![]() |
Menentukan lokasi sekolah di peta yang tersedia |
![]() |
Setelah data - data lengkap dan benar lalu simpan |
Yang terpenting
dari langkah Aktivasi Akun Sekolah ini adalah Surat Aktivasi Akun Login dari
Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, tanpa itu tidak akan bisa. Proses VerVal Ulang
data NUPTK melalui Layanan Padamu Negeri dimulai sejak tanggal 3 Juni sampai 30
September 2013.