Pengajuan NUPTK Baru Dibuka Kembali Juni 2013


Mulai bulan Juni mendatang, pengajuan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) akan diaktifkan kembali. Surat Kepala Badan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebuyaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMOK – PMP) Kemdikbud, dengan nomor : 5168/J1/LL/2013 memberitahukan kepada LPMP seluruh Indonesia bahwa layanan pemberian NUPTK baru kembali diaktifkan.

NUPTK adalah nomor identitas yang bersifat nasional untuk seluruh pendidik dan tenaga kependidikan (PTK). NUPTK diberikan kepada seluruh PTK baik PNS maupun Non-PNS, dan baik dibawah binaan kemdikbud maupun Kemenag. NUPTK berhak dimiliki oleh PTK yang meliputi : Guru, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Kepala TU, Staf TU, Laboran, Pustakawan, Penjaga/Pesuruh, dan Pengawas Sekolah yang memenuhi persyaratan.
 
Surat Kepala BPSDMPK-PMP mengaktifkan layanan pemberian NUPTK baru

Untuk melayani kebutuhan NUPTK sebagai syarat administratif untuk program – program peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan. BPSDMPK – PMP meminta LPMP untuk menugaskan seorang untuk menjadi administrator SIMNUPTK yang bertanggungjawab di LPMP dan seorang operator SIMNUPTK yang bertanggungjawab di Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat.

Cara Pengajuan NUPTK Baru
Untuk mendapatkan NUPTK baru, pihak sekolah atau PTK sendiri melakukan proses pengajuan data yang secara online melalui kantor Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat. Data pengajuan NUPTK dinyatakan valid setelah berkas PTK (hardcopy) diserahkan dan diterima Operator Pendataan Dinas Pendidikan Kab/Kota.

Berkas yang harus dilengkapi untuk pengajuan NUPTK baru :
  1. Instrumen NUPTK (Download disini)
  2. SK Awal / SK Akhir (GTT/GTY, SK Yayasan/SK Bupati)
  3. SK Pembagian Tugas di Sekolah
  4. Surat Keterangan Aktif Melaksanakan Tugas
  5. Ijazah Terakhir
Setelah berkas lengkap, dibawa ke Dinas Pendidikan Kab/Kota untuk diserahkan kepada Operator Pendataan NUPTK. Setiap daerah mungkin saja berbeda urutan atau berkas untuk pendaftaran NUPTK baru. Itulah gambaran secara umum cara mendapatkan NUPTK baru, untuk lebih jelasnya bisa bertanya atau mencari informasi di Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat.
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :
resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut