Beberapa bulan terakhir ini sekolah, khususnya sekolah dasar (SD)
diminta untuk melakukan pendataan ataupun updating data lewat Aplikasi
Pendataan dari Kemendikbud. Pendataan ini meliputi data sekolah, sarana
dan prasarana sekolah, daftar rombongan belajar, daftar siswa, dan
daftar pendidik dan tenaga kependidikan.
Untuk itulah sekolah menugaskan salah tenaga pendidiknya untuk menjadi operator Aplikasi Pendataan Pendidikan yang bertugas menginput data dan mengirimkannya ke server pusat. Aplikasi Pendataan Pendidikan yang terbaru, bisa didownload di sini. Setiap sekolah memiliki kode registrasi yang berbeda-beda, ketika proses penginstalan aplikasi ke komputer.
Setelah semua data yang diminta di Aplikasi Pendataan terisi,
selanjutnya operator mengirimnya melalui aplikasi pendataan yang
terkoneksi internet. Hasil data yang sudah diinput dan dikirim ke server
pusat Info Pendataan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, dan hasilnya secara umum bisa dilihat di websitenya.
Bagi guru atau tenaga kependidikan yang ditugaskan menjadi operator
Aplikasi Pendataan bisa mengecek data sekolah, siswa, sarpras, dan PTK
yang sudah dikirim (diupload). Untuk mengecek data yang terkirim ke
server pusat, operator dapat mengeceknya lewat aplikasi yang dijalankan
secara online, yang tidak jauh berbeda dengan Aplikasi Pendataan yang
sudah terinstal di komputer.
Cara Mengecek Data Siswa & PTK yang Terkirim ke Server Pusat
1. Buka Web Manajemen Pendataan [ klik di sini ]
2. Masukan Username dengan mengetik email yang dipakai operator untuk
masuk ke Aplikasi Pendataan. Begitupun juga dengan password, jangan
sampai salah mengetikkannya.
3. Anda diminta menunggu, dan jika berhasil masuk,akan menemukan halaman seperti ini.
Dari Manajemen Pendataan itu, Anda bisa dapat informasi tentang input
data yang sudah dilkukan, mulai Data sekolah yang terdiri dari data
siswa, sarpras, rombel, dan PTK. Tersedia juga informasi Daftar register
pengiriman, untuk mengecek status file dan verifikasi.