SD NEGERI 3 BANYURASA

UPT Pendidikan Wilayah Sukahening Kabupaten Tasikmalaya

Ekstrakurikuler

Marching Band

Ekstrakurikuler

Pramuka

Ekstrakurikuler

Rohani Islam

Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN)

Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

Study Tour

Pangandaran 14 - 15 April 2017

Dampak Tidak Melakukan VerVal NISN

Dampak Tidak Melakukan Verval Peserta Didik
Informasi akan pentingnya Verval Peserta didik untuk NISN telah disampaikan PDSP. hal ini guna mengingatkan sekolah-sekolah untuk segera melakukan Verifikasi dan Validasi NISN pada login Verval NISN yang telah disediakan dengan menggunakan user dan pasword aplikasi dapodikdas masing-masing sekolah, pemberitahuan ini tak bisa diabaikan Peserta didik sebagaimana kita ketahui sangat berpengaruh pada Tunjangan sertifikasi pula pada tahun kedepannya sesuai dengan PP 74 Tahun 2008 tentang Guru yang akan berlaku sesuai ketetapan UU Guru dan Dosen no 14 tahun 2005, masih ingat Rasio 1:20 atau mari kita lihat berita yang telah lalu baca Jumlah Siswa jadi syarat Tunjangan Sertifikasi

Hal senada lainnya berbagai program semisal BOSBSM,Blockgrant atau yang lainnya juga berpengaruh pada Peserta didik yang sah. ini juga menjadikan akurasi data peserta didik disekolah bukanlah hal yang bisa dianggap main-main.
Lakukan verifikasi dan validasi NISN Peserta didik kita karena kedepan siswa yang memiliki Nomor Induk siswa nasional ini akan jadi acuan beserta data-data PD yang sesuai agar tidak terjadi permasalahan bagi siswa kita di kemudian hari jikalai datanya tak sesuai di NISN yang implikasinya data siswa kita tidak sesuai di pusat dan ini sangat vital bagi peserta didik kita,


berikut kami sampaikan apa yang dikatakan Taufik Lone Admin PDSP menyangkut Penting nya Verval PD
"sekolah yang tidak melakukan verval PD, NISN siswanya tidak akan sah. 
Hal ini akan berdampak pada saat evaluasi pendidikan diwilayah tersebut, karena acuan data siswa diambil dari data master referensi verval NISN, dan kalau sudah turun kesepakatan bersama di ring 1 pendidikan untuk menggunakan data master sebagai acuan kebijakan,
Dampaknya akan mempengaruhi sekolah tersebut, misalnya blockgrant, BOS, BSM dan program lain yang diluncurkan KEMENDIKBUD" "Mengerjakan DAPODIK dan VERVAL PD, merupakan tanggung jawab sekolah sekaligus kepedulian sekolah terhadap Peserta didik, wilayah dan dunia pendidikan di Indonesia,,, mungkin bahasanya terlalu galak, tapi kenyataanya seperti itu.. tegas beliau" 


Menyikapi hal demikian hendak semua sekolah memiliki kesadaran bukan hanya keakuratan data Peserta didik kita, namun hal-hal lain yang disebutkan diatas jugaa tak kalah pentingnya. mari kita lakukan Verval PD dengan panduan yang telah disediakan.

Sumber : http://kkgjaro.blogspot.com/2014/07/dampak-tidak-melakukan-verval-peserta.html#ixzz37wD3cTgC

INFORMASI PENTING MENJELANG DIRILISNYA APLIKASI DAPODIKDAS G3

Tampilan Aplikasi Dapodikdas 2014 (G3)
Tampilan Aplikasi Dapodikdas 2014 (G3)
Menjelang dirilisnya aplikasi dapodikdas generasi ketiga (G3) atau versi 3.00 yang rencananya akan dirilis pada tanggal 1 Agustus 2014, ada baiknya kita perhatikan hal-hal berikut :
  • Cek, lengkapi, perbaiki Dapodik juga lakukan sinkron dengan v2.0.8 kemudian pastikan diprogress pengiriman(login koreg) datanya sama dengan aplikasi, maksimal tanggal 25 Juli 2014;
  • Selesaikan verval NISN sampai dengan Konfirmasi Data;
  • BOS Triwulan 3 datanya diambil dari Dapodik semester genap 2013/2014(ingat yang hanya main BSD);

Dapodikdas G3 :

Informasi seputar Dapodikdas Generasi ketiga (G3) seperti yang disampaikan oleh BapakYusuf Rokhmat (Staf Kemdikbud-Dapodikdas) dan Narasumber lain pada acara Silaturrahmi dan Pra Launching Dapodikdas 2014 di Villa Bukit Mas Cipanas – Cianjur pada tanggal 12-13 Juli 2014 adalah :
  • Rencana launching resmi tanggal 1 Agustus 2014;
  • Di Beranda akan ditampilkan link Info Pendataan dan link Generate Prefill;
    Untuk link info pendataan : http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/
    Untuk link Generate Prefill :http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_final/generate_prefill.php
  • Database yang dipakai(prefill baru) adalah hasil sinkronisasi terakhir;
  • Untuk data awal 2014/2015, OPS tidak perlu Generate Prefill, karena di generate secara massal oleh Team DAPODIKDAS, OPS tinggal unduh Prefiil;
  • Koreg masih sama/tetap;
  • Identitas Sekolah akan dilock(Nama, NSS, NPSN, Jenjang, Status Sekolah, Status Kepemilikan, Nomor SK + Tgl SK Izin Operasional, Kab/Kota);
  • Akses Internet ada 2, misal di sekolah speedy, di rumah telkomsel;
  • Siapkan SK Akreditasi(kalau belum terakreditasi tidak perlu input);
  • Siapkan SK Inklusi(dari Propinsi);
  • Siapkan NIS(Nomor Induk Sekolah) semua siswa;
  • Siapkan data PD Kelas 1 atau Kelas 7(form resmi nanti bisa diunduh di info pendataan);
  • Tambah PD dan PTK mekanismenya masih sama dengan sebelumnya;
  • Penugasan PTK otomatis terisi(INDUK=SK pertama di sekolah tersebut, BUKAN INDUK=SK pembagian tugas mengajar yang dibuat tiap semester/tahun);
  • Ada menu lanjutkan data periodik;
  • Ada menu lanjutkan kelas;
  • Jenis rombel nanti akan muncul pilihan (reguler, terbuka, dll);
  • Masalah sinkronisasi Insya Alloh tidak ada pembatasan sinkronisasi, karena servernya sudah diperbaiki dan kapasitasnya naik.

Permasalahan dan Solusi Verval NISN

Pertanyaan Seputar NISN Tersaji disini, menyangkut data Verval NISN serta berbagai masalah yang mungkin saja menjadi solusi bagi rekan-rekan yang mengalami keganjilan serta masalah lainnnya yang kesannnya kok beda pada sekolah lain akan NISN disekolah kita.
Tanya jawab ini secara jujur rangkuman dari master-master OPS terutama
dari Pak Asep Sulle Morana terima kasih kepada beliau yang telah mau berbagi, juga kepada admin PDSP yang kami salut memiliki pelayanan PRIMA Pada Operator Sekolah serta admin-admin Grup Facebook. intinya kami hanya mengutip namun demikian kutipan ini sangat bermanfaat bagi rekan semua.

Program UKS SD Negeri 3 Banyurasa


PROGRAM UKS SD NEGERI 3 BANYURASA
KECAMATAN SUKAHENING
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

I. PENDAHULUAN
Pencitraan hidup sehat merupakan fitrah manusia dalam usaha menata diri sendiridan lingkungan untuk mencapai kehidupan yang lebih baik yakni hidup sehat yangteratur, bersih dan indah.
Upaya tersebut harus dilakukan terus menerus dalam kebersamaan kegiatan disekolah sebagai wujud usaha kesehatan sekolah.
Peningkatan kesehatan sekolah bertujuan menempuh kesadaran serta kebiasaanhidup sehat, memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melaksanakan prinsiphidup sehat serta berpartisipasi aktif dalam usaha peningkatan kesehatan di sekolah, dirumah maupun di lingkungan masyarakat.
Untuk mencapai tujuan tersebut maka perlu disusun program kegiatan UKS SD Negeri 3 Banyurasa Kecamatan Sukahening Tahun Pelajaran 2014/2015.

II. DASAR
1.              Undang-undang Nomor 23 Tahun 1992 tentang Pokok-pokok kesehatan
2.              Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
3.    Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Nasional, Menteri Kesehatan, MenteriAgama, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor: 1/U/SKB/2003, Nomor:1067/Menkes/SKB/VII/2003, Nomor: MA/230A/2003 dan Nomor: 26 Tahun 2003tanggal 23 Juli 2003 tentang Pembinaan dan Pengembangan Usaha KesehatanSekolah

III. TUJUAN
Kegiatan UKS mempunyai tujuan :
1.              Tujuan umum
Peningkatan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik sertamenciptakan lingkungan yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukanmanusia Indonesia seutuhnya.
2.              Tujuan khusus
Untuk membentuk kebiasaan hidup sehat dan mempertinggi derajat kesehatanpeserta didik, yang didalamnya mencakup:
a.        Peningkatan pembinaan dan bimbingan teknis pelaksanaan kegiatan UKS di SD Negeri 3 Banyurasa
b.      Memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melaksanakan prinsiphidup sehat, serta berpartisipasi aktif didalam upaya peningkatan kesehatan disekolah dan lingkungan masyarakat
c.       Sehat, baik dalam arti fisik, mental maupun social
d.      Memiliki daya hayat, dan daya tangkal terhadap pengaruh buruk penyalahgunaannarkotik, obat dan bahan berbahaya alkohol, rokok dan sebagainya.

IV. SASARAN
Sasaran UKS di SD Negeri 3 Banyurasa adalah peserta didik darikelas satu sampai kelas enam dan lingkungan sekolah.

V. PROGRAM KEGIATAN UKS
Jenis kegiatan UKS dikelompokan menjadi tiga, yaitu kegiatan yang berkaitandengan lingkungan hidup, kegiatan yang berkaitan dengan kebersihan diri dan kegiatanyang berkaitan dengan pendidikan kesehatan. Bagian-bagian jenis kegiatan tersebuttermasuk dalam program kegiatan UKS sebagai berikut:

No
JENIS KEGIATAN
SASARAN
PELAKSANAAN
A.
1.
2.
3.
4.
Lingkungan Hidup
Kebersihan kelas/ruangan
Kebersihan halaman
Penataan taman
Pengaturan sanitasi

Lingkungan sekolah
Lingkungan sekolah
Lingkungan sekolah
Lingkungan sekolah.

Setiap hari

B.
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
Kebersihan Diri
Pemeriksaan gigi
Pemeriksaan rambut
Pemeriksaan kuku
Pemeriksaan mata
Pemeriksaan telinga
Pemeriksaan pakaian
Pemeriksaan umum


Kelas I-VI
Kelas I-VI
Kelas I-VI
Kelas I-VI
Kelas I-VI
Kelas I-VI
Kelas I-VI


Diatur sesuai dengan jadwal kegiatan pembiasaan

C.
1.
2.
3.
4.
5.
6.
Pendidikan Kesehatan
Penyuluhan dokter kecil
Penyuluhan kesehatan
Penyuluhan UKGS
Penyuluhan gizi
Penyuluhan dan latihan PPPK
Penyuluhan umum


Kelas I-VI
Kelas I-VI
Kelas I-VI
Kelas I-VI
Kelas I-VI
Kelas I-VI


Dilaksanakan secara berkala dan terprogram oleh pembina UKS


VI. PENUTUP
Semoga program UKS dapat berjalan dengan baik sehingga tujuan yang kita harapkan dapat tercapai demi kemajuan pendidikan khususnya masalah kesehatan dilingkup sekolah dasar.


Tasikmalaya, Juli 2014
Kepala Sekolah


TOTO, S.Pd.,M.Pd.
NIP : 19600803 198201 2 007


RPP Kurikulum 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan langkah-langkah yang harus dikerjakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran. Dengan kata lain RPP merupakan pedoman bagi guru dalam kegiatan belajar mengajar. RPP  biasanya berupa petunjuk, langkah-langkah untuk memandu guru. RPP dapat digunakan untuk semua mata pelajaran. Tugas-tugas dalam sebuah RPP ditulis secara rinci tentang apa yang harus dilakukan oleh guru maupun oleh peserta didik.

RPP merupakan implementasi dari silabus sebagai program pengajaran. Penerapan Kurikulum 2013 menyebabkan perubahan kompetensi dasar dan metode pembelajaran yang menggunakan metode tematik integratif. Materi yang dipelajari kaitkan dengan sebuah tema, sistem mata pelajaran tidak begitu terlihat.


Berikut RPP Semester 1 Kurikulum 2013 lengkap dalam folder yang dapat didownload. Caranya dengan klik tautan di bawah ini:


RPP Kelas 1 SD
Semester 1 Diri Sendiri
Semester 1 Kegemaranku
Semester 1 Kegiatanku
Semester 1 Keluargaku

RPP Kelas 2 SD
Semester 1 Hidup Rukun
Semester 1 Bermain di Lingkungan
Semester 1 Tugas Sehari-hari
Semester 1 Aku Dan Sekolahku
  

RPP Kelas 4 SD
Semester 1 Indahnya Kebersamaan

Semester 1 Selalu Berhemat Energi
Semester 1 Peduli Terhadap Makhluk Hidup

RPP Kelas 5 SD
Semester 1 Bermain dengan Benda-benda disekitar

Semester 1 Peristiwa dalam Kehidupan
Semester 1 Hidup Rukun
resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut