WAJAH BARU APLIKASI DAPODIK 2013

 

BERITA SEPUTAR DAPODIK UNTUK TAHUN 2013
 
Panduan Aplikasi Dapodik 2013 bisa anda download disini,dalam panduan ini Aplikasi belum selesai,tapi bisa kita jadikan sebagai contoh bagaimana APLIKASI DAPODIK 2013 itu? Silahkan DOWNLOAD Panduan Aplikasinya dan Formulir Pendataan Dikdas 2013
Dapodik Tahun Pelajaran Baru 2013/2014 akan direlease Tanggal 15 Juli 2013. Namun launching itu dilakukan terbatas hanya kepada Dapodik Propinsi dan Operator KK-Dapodik Kabupaten di Hotel Arion Swiss, Bandung, Jawa Barat. Tampilan Dapodik 2013 pun sudah beredar di internet. Namun yang perlu diketahui, Tampilan yang masih berbasis web itu hanya untuk keperluan TOT dan masih beta. Aplikasi resminya tetap berbasis dekstop, dan akan didistribusikan ke sekolah-sekolah selepas lebaran melalui KK-Datadiknya masing-masing.
Untuk aplikasi baru itu, sudah otomatis akan terisi data awal dari dapodik versi sebelumnya yang pernah dikirim maksimal per 1 Juli 2013. Data yang dikirim setelah tanggal tersebut, tetap bisa masuk, tapi tak bisa dikemas menjadi data awal.

Aplikasi Dapodik 2013
Data hasil kiriman ke server dari sekolah-sekolah per tanggal 1 Juli 2013, kemudian data tersebut akan di package ulang sehingga ketika login di aplikasi yang baru sekolah hanya tinggal mengentri data siswa baru,pemetaan rombel, dan melengkapi data yang belum terisi di aplikasi versi 13.01 

Aplikasi pendataan 2013 adalah aplikasi berbasis web, untuk itu diperlukan server untuk menjalankan aplikasi web ini dan web browser untuk mengoperasikan aplikasi. Pastikan komputer Anda telah terinstall dengan web browser terbaru, karena web browser versi lama tidak bisa mendukung/menjalankan aplikasi ini. Disarankan untuk menggunakan Google Chrome atau Firefox 

Spesifikasi minimun Komputer (Hardware)
Untuk dapat menjalankan aplikasi pendataan dikdas, spesifikasi perangkat keras yang diperlukan adalah: 
1. Processor minimal Pentium IV
2. Memory minimal 512 MegaByte
3. Storage tersisa minimal 100 MegaByte
4. CD/DVD drive jika instalasi melalui media CD/DVD
Untuk dapat menjalankan aplikasi pendataan dikdas, spesifikasi perangkat lunak yang diperlukan adalah.
1. Microsoft Windows Operating System
a. Windows XP SP2
b. Windows Vista
c. Windows 7
d. Windows 8 (Aplikasi tidak bisa berjalan di Windows 8 RT)
e. Windows Server 2003 atau yang terbaru
2. Browser Internet Modern
a. Firefox, atau Chrome

Wajah baru Aplikasi Dapodik 2013 

Isian Operator sekolah
Untuk proses registasi akan dimunculkan formulir dengan isian sebagai berikut:  
-Nama Lengkap
-User name/email (pastikan email tersebut harus aktif dan tidak fiktif karena akan ada pesan konfirmasi )
-Konfirmasi Passwod
-Nomor Handphone
-Nomor Telpon
-Yahoo Messenger
-Skype
-Kode Registrasi

Tampilan menu sekolah
 Tampilan data PTK
Menu peserta didik
 Menu prasarana
 Rombel
Perbandingan Aplikasi versi 13.0.1 tahun ajaran 2012-2013 dengan Aplikasi 2013-2014
Cara Kirim Data
Perbedaannya adalah cara kirim Aplikasi Dapodik diganti dengan cara sinkronisasi data, kelebihannya adalah fungsi ini mengirimkan data per record (tidak dalam satu bundle file database sekaligus), proses sinkronisasi tidak memakan waktu yang lama, aman dan efisien.Sedangkan cara kirim data pada aplikasi versi 13.01 masih dilakukan dengan cara mengirimkan data keseluruhan (satu bundle file database sekaligus), dan memakan waktu yang lama untuk diproses di server.

Backup dan Restore Data
Pada aplikasi versi 13.01 pengguna dapat melakukan backup (menyimpan file cadangan) dan restore(mengembalikan file cadangan kedalam aplikasi). Hal ini sangat berguna jika Aplikasi/ Datanya hilang atau rusak.Selain itu file cadangan berupa file .db simpan lokal ini dapat digunakan untuk memindah data dari komputer satu ke komputer lain.

Username, Password, dan Kode Registrasi
Sekolah hanya memiliki satu akun untuk mengakses aplikasi dan sekolah memiliki kode registrasi yang baru,yaitu hasil enkripsi dari kode registrasi sebelumnya.

PTK Mengajar / Pembelajaran (JJM, Bidang Studi, Kurikulum)
Sarana & Prasarana
Perbedaan yang terlihat pada menu sarana & prasarana pertama dari letak menu dimana pada aplikasi versi 13.01 tersembunyi di menu rincian sekolah, sedangkan pada aplikasi ini letaknya berada di tampilan awal aplikasi bersamaan dengan tabulasi beranda, sekolah, peserta didik, ptk, dan rombongan belajar. Form sarana & prasarana ini kini menjadi satu, dimana sarana menjadi isi dari prasarana.

Export Import Excel
Pada aplikasi versi 13.01 terdapat fungsi export import excel. Kelebihannya adalah pengguna dapat mengentri data di Ms. Excel tanpa harus mengerjakan langsung di aplikasi, selain itu proses ini juga dapat mempercepat pengerjaan entri data. Namun masih ada beberapa kekurangan yakni proses export import ini masih rentan merusak data jika tidak digunakan secara tepat.

Daftar Rule Validasi
Daftar validasi yang terdapat di Aplikasi Dapodik versi 13.01 adalah:
-Validasi Kelengkapan Data
-Validasi Kebenaran Data
-Validasi Kewajaran Data
-Validasi Integritas Data

INI HANYA SEBAGAI GAMBARAN BUAT TEMAN-TEMAN OPERATOR SEKOLAH

 

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :
resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut